Beberapa Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Burung Murai Batu

Sunday, July 30th 2017. | Perawatan Murai

Ini dia panduan cara paling mudah mengatasi beragam masalah yang sering muncul pada burung murai bakalan atau yang sudah dijadikan sebagai burung lomba. Kumpulan Beragam Gambar Atau Video Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Burung Murai Batu Yang Kerap Terjadi Agar Kembali Gacor Dan Ngeplong Panjang

Murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang sudah lama dikenal sebagai burung tempur berekor panjang. Burung jenis ini memang memiliki panjang ekor diatas rata rata burung kicau lainnya, maka tidak heran bila burung jenis ini begitu disukai dikalangan kicau mania. Selain memiliki ekor yang panjang burung murai batu juga terkenal memiliki suara kicau yang unik.

Bila kita bicara soal keunggulan burung murai batu tidak lengkap rasanya bila kita tidak membahas masalah apa yang sering dialami para pengemar burung murai batu. Bila kalian salah satu orang yang merasa membutuhkan informasi mengenai masalah yang paling sering dialami oleh para pecinta murai batu beserta solusi mengatasinya silahkan baca saja disini.

Koleksi Gambar Masalah Utama Yang Kerap Terjadi Pada Burung Murai Batu

Lihat Juga: gambar terbaru indukan burung murai batu medan

Beberapa Masalah Yang Sering Muncul Pada Burung Kicau Murai Batu Beserta Cara Mengatasinya

STOP! Masih ingin lanjut baca artikel Beberapa Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Burung Murai Batu atau sekedar ingin tau Prospek Peluang Usaha Bisnis Budidaya Burung Ini, silahkan diteruskan.

1. Ngebatman atau Mbalon

Ini merupakan pertanda bahwa burung murai batu kesanyangan anda sedang mengalama yang namannya drop secara mental atau istilah kerennya ngedrop.

Cara mengatasi burung murai batu ngebatman atau mbalon ketika diadu

– Burung harus dikarantina atau dijauhkan dari suara murai batu lain.
– Untuk lama karantina sebaiknya sesuaikan dengan kondisi si burung.
– Sebaiknya berikan pakan berupa jangkrik sebanyak burung masih mau memakannya misalnya 10 ekor.
– Tambahkan multivitamin sebagai penunjang kesehatan burung seperti BirdVit dan BirdMineral.

Baca Juga: cara merawat burung murai batu yang ngedrop

2. Ekor Patah Dan Tidak Tumbuh Lagi

Ekor patah biasanya disebabkan oleh kebiasan si burung yang suka ngeruji atau nabrak sangkar. Untuk cara mengatasi burung yang memiliki ekor patah sebetulnya tidak telalu sulit.

– Pastikan bulu patahan yang masih menancap di ekor atau pantat burung sudah dicabut.
– Bila pori pori tempat bulu patah dicabut menutup silahkan buka kembali dengan mengoleskan air hangat.
– Berikan terapi obat mempercepat tumbuh bulu seperti BirdMolt.

Baca Juga: cara merawat burung murai batu yang sedang dorong ekor

3. Mabung Tidak Tuntas

Penyebab murai baru mengalami mabung tidak tuntas adalah kurangnya energi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk pertumbuhan bulu baru.

Cara mengatasi murai batu mabung tidak tuntas

– Berikan pakan yang memiliki kandungan asam amino tinggi.
– Bila anda tidak mau repot gunakan saja multivitamin BirdVit dan BirdMolt

Baca Juga: cara merawat burung murai batu yang sedang mabung

4. Gampang Mabung atau Bulu Rontok

Hal ini biasanya disebabkan burung sering mengkonsumsi makanan berlemak atau bekalori tinggi sehingga pori porinya membuka, burung baru saja selesai mabung atau bulu belum kuat sudah langsung diaduk dan selama masa mabung burung tidak mendapatkan nutrisi yang baik terutama dalam hal kebutuhan mineralnya.

Baca Juga: cara mudah atasi kebotakan pada burung murai batu

5. Nyekukruk atau Tidak Semangat

Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh cacing yang bersarang pada sistem pencernaan burung. Untuk cara mengatasinya anda cukup berikan obat cacing seperti AscariStop pada burung murai baru kesayangan anda.

Baca Juga: tips memilih anakan murai batu yang berkualitas

6. Mogok Nagen Atau Tidak Mau Tampil Di Lomba

Burung yang gacor tiba tiba jadi tidak mau nagen atau nampil lomba biasanya disebabkan ileh parasit berupa air sac miter atau kita lebih mengenalnya dengan nama tungau kantung udara. Tandanya burung terlihat tidak memiliki kutu namun selalu gelisah dan tidak bisa tampil maksimal ketika sedang diarena lomba. Cara mengatasinya anda cukup semprotkan Fresh Aves dan jangan lupa oleskan juga BirdFresh.

Baca Juga: perawatan khusus burung murai batu jelang lomba

7. Turun Tangkringan dan Gelisah

Untuk mengatasi kebiasaan burung suka turun tangkringan sebaiknya periksa kembali usia dan juga kesehatan si burung murai batu. Bila terlalu muda burung akan mudah mengalami ngedrop atau mental drop serta pastikan perawatan harian yang diberikan kepada burung sesuai dengan standar.

Baca Juga: perawatan harian burung murai batu agar gacor

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait Beberapa Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Burung Murai Batu yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para kicau mania.

Info Terkait Beberapa Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Burung Murai Batu

cara mengatasi murai batu kembung, cara mengatasi murai bulu mengembang, cara mengatasi murai gembung, cara mengobati murai ngebalon, kenapa murai batu angkat kaki satu, penyebab murai batu turun tangkringan, tangkringan murai batu yang baik, tips agar murai batu main nagen, mengatasi murai gembung, penyebab murai batu gembung, penyebab murai gembung, cara mengatasi murai batu gembung, cara mengatasi murai mbalon, persilangan lovebird utk olive, cara mengatasi burung murai gembung, burung murai tdk mau gembung, bulu murai ngembang apa masalahnya, bulu burung murai batu gembung