Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Untuk Beternak

Wednesday, March 15th 2017. | Ternak Lovebird

Yang belum tau bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina sebaiknya anda baca lalu pahami dulu artikel beriku ini. Koleksi Aneka Gambar Beserta Video Kumpulan Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Gacor Atau Ngekek Panjang Untuk Beternak Maupun Kontes Lomba

Mendengar kata burung cinta atau lebih umum dengan nama lovebird pasti sudah tidak asing bagi para pecinta burung di indonesia. Jenis burung yang satu ini memang banyak diminati oleh para kicau mania, hal ini karena burung jenis ini memiliki ciri khas baik itu dari segi fisik maupun suaranya. Motif bulu yang berwarna warni dan paruhnya yang bengkok menjadi daya tarik tersendiri bagi para kicau mania. Daya tarik lain yang membuat burung jenis ini menjadi spesial adalah lingkaran putih disekitar matanya seperti layaknya kacamata.

Tapi tahukah anda kalau tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan pada saat membedakan jenis burung lovebird jantan dan bertina. Untuk membedakan keduanya memang tidaklah mudah, kita tidak bisa melihatnya secara sekilas melainkan harus memperhatikan tingkah lakunya, kebiasaan dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya akan lebih sulit dilakukan jika dibandingkan dengan burung lain yang bisa dengan mudah dibedakan dengan melihat warna atau ukurannya saja.

Koleksi Gambar Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Untuk Beternak Terbaru

Lihat Juga: gambar terbaru burung lovebird holland impor

Tips Bagaimana Cara Membedakan Indukan Burung Lovebird Jantan Dan Betina Untuk Beternak

STOP! Masih ingin lanjut baca artikel Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Untuk Beternak atau sekedar ingin tau Prospek Peluang Usaha Bisnis Budidaya Burung Ini, silahkan diteruskan.

Lalu apa saja yang bisa kita amati untuk membedakan lovebird jantan dan betina. Berikut adalah beberapa ciri perilaku yang bisa kita amati untuk membedakan lovebird betina dan jantan.

Ciri Ciri Burung Lovebird Jantan

– Saat bertengger jarak kaki lebih rapat.
– Apabila musim berkembang biak tiba, maka tulang pubis atau supit urang akan terasa keras dengan jarak yang rapat jika diraba.
– Ujung ekor berbentuk runcing.
– Cenderung pasif mencari bahan ketika pembuatan sarang berlangsung dan terkadang cenderung menyuapi betina.
– Biasanya warna bulu terlihat lebih terang daripada lovebird betina.
– Bentuk tubuh tidak setegas betina dan kadang bobotnya lebih ringan.

Baca Juga: perbedaan burung lovebird klep dan non klep

Ciri Ciri Burung Lovebird Betina

– Ketika bertengger kaki akan berjarak melebar.
– Saat membangun sarang terlihat lebih aktif mencari bahan dibandingkan lovebird jantan.
– Ujung ekor yang merata.
– Warna bulu cenderung kusam.
– Tubuh berbobot lebih berat dan tegas.
– Tulang pubis cenderung lembek dan jaraknya renggang bila diraba.
– Saat birahi pantatnya akan melengkung seperti ekor bebek.

Baca Juga: cara mendapatkan variasi warna burung lovebird

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Pada Usia 2 Bulan

Anakan Lovebird Jantan

– Memiliki tulang supit yang keras, rapat, lancip, lebih tinggi dari tulang iga bawah, tapi ingat terkadang ada juga yang memiliki tulang supit renggang.
– Bila dilihat dari perilakunya burung ini sering memanggutkan kepala serta selalu mencari perhatian dari induknya dengan cara sering begerak dan meloloh.
– Memiliki postur tubuh yang ramping, paruhnya lebih pipih, kepala lehernya simetris atau datar dan bila berdiri cenderung akan tegak pada bagian dadanya.

Baca Juga: cara memilih anakan lovebird yang berkualitas

Anakan Lovebird Betina

– Memiliki tulang supit yang lunak, tumpul melebar dan juga memiliki tulang iga bawah tinggi daru tulang supitnya dan bila belum memasuki usia birahi supitnya terkadang akan terasa sempit.
– Dilihat dari perilakunya burung ini lebih suka diam atau pasif, sering minta diloloh dan lebih suka berada didalam glodok.
– Memiliki postur tubuh yang besar, paruhnya terlihat melebar, lehernya bentek atau seperti tidak memiliki leher, bagian dadanya terlihat lebar dan bila berdiri akan ndeprok serta mengangkang.

Berdasarkan para pembudidaya lovebird beserta ciri cirinya diatas dapat disimpulkan bahwa jenis burung lovebird yang paling berkualitas adalah jenis lovebird betina. Dengan begitu kita dapat menyimpulkan bahwa pengicau paruh bengkok yang paling bisa diandalkan dan diusung ke arena perlombaan gantangan adalah yang berkelamin betina bukan lovebird pejantan.

Baca Juga: cara merawat anakan lovebird untuk kontes lomba

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Untuk Beternak yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para kicau mania.

Info Terkait Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Untuk Beternak

cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa, cara membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan, cara menjodohkan lovebird, ciri lovebird anakan yang bagus, lovebird jantan atau betina untuk lomba, lovebird jantan atau betina yang lebih gacor, paruh lovebird betina, perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi, cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa, membedakan lovebird jantan dan betina dari paruh, perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi, paruh lovebird betina, tulang supit lovebird, carq membedakan jantan lovebird non klep, cara membedakan lovebird jantan dewasa, cara membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan, tulang supit lovebird saat birahi, cara membedakan lovebird jantan dan betina anakan