Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu Sendiri Setelah Mandi

Sunday, June 18th 2017. | Perawatan Kenari

Yang merasa membutuhkan panduan atau solusi cara mengatasi burung kenari mencabuti bulunya sendiri setelah mandi silahkan baca disini. Beragam Kumpulan Aneka Tips Dan Juga Gambar Bagaimana Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu Sendiri Setelah Mandi Beserta Video Dan Harga Terbarunya

Perilaku dimana burung kenari suka mencabuti bulu bulunya sendiri sebatulnya merupakan tanda yang menunjukan bahwa burung tersebut sedang mengalami mental dan kesehatan yang drop atau bahasa sederhananya burung sedang mengalami sakit. Kondisi seperti ini merupakan hal yang umum atau lumrah terjadi pada burung paruh bengkok.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab burung kenari mengalami perilaku mencabuti bulunya sendiri dan bagaimana cara mengatasinya agar burung kembali seperti semula. Bila kalian yang saat ini merasa membutuhkan informasi tersebut silahkan baca lalu pahami dulu artikel mengenai cara mengatasi burung kenari yang mencabuti bulunya sendiri dibawah sini.

Koleksi Gambar Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Setelah Mandi Beserta Penyebabnya

Lihat Juga: gambar indukan burung kenari starblue terbaru

Beberapa Penyebab Burung Kenari Mencabuti Bulu Beserta Solusi Atau Cara Mengatasinya

STOP! Masih ingin lanjut baca artikel Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu Sendiri Setelah Mandi atau sekedar ingin tau Prospek Peluang Usaha Bisnis Budidaya Burung Ini, silahkan diteruskan.

1. Terjadi iritasi Pada Kulit Dan Bulu

Iritasi merupakan penyebab utama semua jenis burung kicau mencabuti bulu bulunya. Hal ini biasanya disebabkan infeksi mikroba yang kecil seperti tungau, jamur, virus dan bakteri. Untuk cara mengatasinya anda cukup berikan perawatan khusus dan gunakan juga desinfektan FreshAves cukup 1-2 kali seminggu. Selain itu FreshAves juga bisa mencegah kalabendu atau flu burung tentunya bila digunakan secara rutin dan teratur.

Baca Juga: cara merawat burung kenari yang sedang mabung

2. Kekurangan Gizi

Pakan burung idealnya tidak mengandung kadar lemak yang tinggi dan kadar proteinnya disesuakian dengan masa pertumbuhan atau fase reproduksi si burung serta pastikan kebutuhan vitamin dan mineralnnya tercukupnya. Intinya bila kita salah memberikan pakan pada burung atau kadar gizinya tidak seimbang biasanya akan menyebabkan pertumbuhan dan penampilan burung menjadi jelek, kulit burung menjadi kering serta mudah mengelupas. Nah kondisi seperti ini memudahkan terjadinya infeksi dan rasa gatal yang berakibat pada perontokan bulu.

Baca Juga: jenis makanan terbaik untuk burung kenari lomba

3. Masalah Mental Dan Fisik

Kondisi mental drop merupakan salah satu faktor yang wajib diperhatikan oleh para pecinta burung kenari, soalnya bila dibiarkan terus menerus burung bisa mengalami kebotakan dan sulit atau bahkan macet bunyi dalam waktu yang sangat lama.

Ciri ciri burung kenari yang mengalami mental drop

– Suka mencabuti bulu bulunya sendiri.
– Tidak mau duduk ditangkringan.
– Merasa gelisah atau tidak mau diam.

Cara mengatasi burung kenari yang mengalami masalah seperti ini yaitu dengan memberikan maninan, menambah variasi makanan dan bila diperlukan silahkan berikan teman atua pasangan. Ingat burung kenari atau paruh bengkok sangat suka bersosialisasi.

Baca Juga: cara mudah mengatasi burung kenari macet bunyi

4. Masalah Hormonal

Gangguan hormonal yang umum terjadi biasanya terjadi pada hormon hipertiroid yang berfungsi menaikan kada kelenjar tiroid atau bisa juga burung terkena penyakit addison yaitu terjadinya penurunan kadar hormonal kortikosteron dalam kelenjar adrenalin. Masalah hormonal ini akan menyebabkan rasa gatal yang sangat kuat pada pangkal bulu dan permukaan kulit burung. Untuk cara penanganannya sebaiknya bawa burung anda ke klinik hewan yang sudah dipercaya.

Baca Juga: cara mengatasi burung kenari over birahi tinggi

5. Terserang Penyakit Dalam

Giardia atau giardiasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang terjadi didalam usus dan biasanya akan menyebabkan rasa gatal. Selain itu infeksi bakteri Chlamydophila pneumoniae juga dapat menyebabkan burung kenari mencabuti bulunya sendiri. Bahkan beberapa jenis penyakit yang menyerang hati bisa menyebabkan burung berperilaku mencabuti bulu.

Baca Juga: jenis penyakit yang sering menyerang burung kenari

Ingat untuk menghindari perilaku burung kenari suka mencabuti bulunya sendiri sebaiknya lakukan perawatan secara benar dan teratur, berikan pakan yang bergizi dan seimbang serta yang paling penting jaga kebersihan sangkar dengan desinfektan minimal seminggu sekali.

Baca Juga: cara mengobati bulu burung kenari yang botak

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu Sendiri Setelah Mandi yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para kicau mania.

Info Terkait Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu Sendiri Setelah Mandi

kenari botak di leher, kenari mabung pertama, kenari makan bulu sendiri, kenari rontok bulu halus, kenari rontok bulu terus, mengatasi kenari nyulam, penyebab bulu kenari rontok, penyebab kenari mencabuti bulunya, kenari cabut bulu, kenari cabut, kenari cabut bulu sendiri, kenari makan bulu sendiri, kenari jantan mencabuti bulu kakinya, cara mengatasi kenari cabut bulu, Tps mengatasi burung kenari betina yg suka merusak ekor y, cara mengatasi burung memakan bulu sendiri, cara mengatasi burung kenari burabah bulu, cabut bulu kenari