Cara Merawat Murai Batu Biar Rajin Gacor Dan Ngeplong Panjang

Sunday, July 16th 2017. | Perawatan Murai

Ini dia panduan rahasia para juwara dalam merawat burung murai batu agar rajin ngacor dan ngeplong dalam durasi yang panjang. Kumpulan Beragam Gambar Atau Video Bagaimana Cara Merawat Murai Batu Biar Rajin Gacor Dan Ngeplong Panjang Beserta Harga Terbarunya

Bagi setiap pemilik burung murai batu tentunya sangat mendambakan bila burung kesayangan meraka bisa menghasilkan suara kicau yang merdu serta keras, syukur bisa masuk kontes lomba dan memenangi juara kontes lomba. Tapi anda tau tidak semua impian itu tidak akan bisa menjadi kenyataan bila pemiliknya kurang rutin dalam melakukan perawatan.

Karena alasan itulah pada posting kali ini saya selaku pecinta burung murai batu mau membagikan beberapa rahasia para master juwara kontes lomba burung dalam merawat burung kesayangan mereka. Lalu seperti apa proses perawatan yang dilakukan para juwara tersebut yuk kita simak saja penjelasan yang ada dibawah sini.

Koleksi Gambar Cara Merawat Burung Murai Biar Rajin Gacor Dan Ngeplong Panjang

Lihat Juga: gambar terbaru burung murai batu bordan

Beberapa Hal Yang Wajib Dilakukan Para Kicau Mania Agar Burung Murai Batu Kesayangan Bisa Rajin Gacor

STOP! Masih ingin lanjut baca artikel Cara Merawat Murai Batu Biar Rajin Gacor Dan Ngeplong Panjang atau sekedar ingin tau Prospek Peluang Usaha Bisnis Budidaya Burung Ini, silahkan diteruskan.

1. Lakukan Pengembunan

Pengembunan atau sebagian orang lebih mengenalnya dengan istilah mengangin-anginkan burung pada pagi hari. Proses ini biasanya dilakukan sebelum burung dimandikan kurang lebih selama 30 menit. Tujuan pengembunan ini sebetulnya untuk memberikan kemampuan burung dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga: setelan harian burung murai batu agar gacor

2. Memandikan Burung

Proses memandikan burung sebetulnya dimaksudkan agar kondisi fisik buruk tetap terjaga dan dapat kebal dari berbagai macam penyakit. Untuk cara memandikannya anda bisa menggunakan semprotan, karamba atau cepuk yang berisi dengan air bersih.

Baca Juga: cara melatih burung murai batu mandi di keramba

3. Menjaga Kebersihan Sangkar

Rajinlah membersihkan kotoran yang ada didalam sangkar secara rutin minimal 1 kali sehari. Serta jangan lupa selalu ganti air minum burung anda setiap sehari sekali.

Baca Juga: waspadai jenis penyakit yang menyerang murai batu

4. Berikan Pakan Yang Tepat

Untuk masalah pakan sebaiknya berikan 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari dan ingat harus diletakan pada cepuk, tujuannya agar burung tidak menjadi manja. Sedangkan untuk pakan kroto sebaiknya dilakukan seminggu sekali sebanyak 1 cepuk. Selain itu anda juga bisa memberikan pakan lainnya seperti cacing, belalang, ulat, voer dan lainnya.

Baca Juga: pakan burung murai batu biar cepat gacor

5. Menjemur Burung

Ini merupakan salah satu perawatan penting dalam membentuk kicau burung murai batu, jadi lakukan penjemuran secara rutin serta saat dijemur sebaiknya burung tidak boleh melihat murai lainnya. Lama penjemuran normalnya sekitar 1 jam saja sedangkan untuk waktunya sekitar pukul 07.00 – 10.00 pagi.

Baca Juga: cara mudah beternak burung murai batu untuk pemula

6. Istirahatkan Sejenak

Setelah selesai proses penjemuran sebaiknya burung diangin-anginkan sekitar 10 menit sebelum dimasukan kedalam rumah atau kandang.

Baca Juga: cara mengatasi burung murai batu yang ngedrop

7. Pemasteran

Waktu paling baik melakukan pemasteran sekitar pukul 10.00 – 16.00, karena pada waktu ini burung merasa lebih tenang sehingga mudah untuk menangkap suara masteran burung. Untuk lamanya pemasteran bisa dilakukan sekitar 15 menit atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: cara memaster burung murai batu menggunakan hp

8. Amati Karakter Burung

Setiap burung tentunya memiliki karakter tersendiri sepeti porsi pakan, jenis makanan yang disukai dan juga perilaku atau kebiasaan harian si burung. Jadi pahami dulu karakter burung anda sebelum memulai proses pemasteran maupun perawatan lainnya.

Baca Juga: perbedaan burung murai batu jantan dan betina

9. Lingkungan Yang Nyaman

Burung murai batu akan lebih mudah gacor bila berada didalam lingkungan yang mirip dengan habitatnya, jadi berusahalah menata sangkar tempat burung murai tinggal menyerupai habitat aslinya atau paling tidak tambahkan beberapa ranting kedalam sangkar agar burung murai batu merasa nyaman.

Baca Juga: ciri ciri burung murai batu bordan asli

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait Cara Merawat Murai Batu Biar Rajin Gacor Dan Ngeplong Panjang yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para kicau mania.

Info Terkait Cara Merawat Murai Batu Biar Rajin Gacor Dan Ngeplong Panjang

cara membuat murai batu gacor dan jinak, cara membuat murai gacor setelah mabung, cara merawat murai batu borneo, cara merawat murai batu muda hutan agar cepat gacor, cara merawat murai batu untuk lomba, murai batu biar gacor terus, murai biar gacor dan ngeplong, perawatan murai batu bakalan, murai bordan, murai biar gacor dan ngeplong, murai biar ngeplong terus, cara membuat murai batu ngeplong, murai biar gacor, Cara merawat burung murai, cara membuat murai batu gacor dan jinak, cara bikin murai gacor, cara membuat murai gacor, murai batu biar gacor terus