Cara Mudah Beternak Burung Kacer Biar Cepat Kawin Dan Bertelur

Saturday, November 25th 2017. | Ternak Kacer

Bagi kalian para kicau mania yang saat ini merasa membutuhkan panduan mengenai cara beternak burung kacer agar cepat bertelur, sebaiknya anda baca artikel ini. Kumpulan Aneka Tips Serta Beragam Panduan Bagaimana Cara Beternak Atau Budidaya Burung Kacer Agar Cepat Produksi Telur Dengan Modal Pas Dan Kandang Sederhana Secara Cepat Dan Mudah

Kacer merupakan jenis burung kicau yang keberadaan sangat dicari para penggemar burung gacoran. Hal ini dikarenakan burung ini memiliki kualitas suata kicau yang merdu, lantang dan bervariasi bahkan boleh dibilang diatas burung kicau lainnya. Selain itu burung ini juga melakukan gerakan hal yang unik ketika sedang berkicau atau istilah kerennya ngobra.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya selaku pengurus blog ini akan membagikan beberapa tips cara beternak burung kacer yang sudah terbukti berhasil bahkan dilakukan sekelas perusahaan atau PT. Baiklah tanpa perlu banyak kata lagi yuk kita simak penjelasan selengkapnya yang sudah saya tulus dibawah sini secara jelas dan gamblang.

Koleksi Beragam Cara Beternak Burung Kacer Biar Cepat Kawin Dan Bertelur Terlengkap

Lihat Juga: ciri ciri burung kacer jawa yang rajin gacor

Tips Bagaimana Cara Paling Mudah Beternak Atau Budidaya Burung Kacer Agar Cepat Produksi Telur Dengan Modal Pas Dan Kandang Sederhana

1. Memilih Indukan

Berikut beberapa hal yang wajib untuk anda ketahui ketika sedang memilik indukan burung kacer yang berkualitas.

Indukan Jantan

– Pilih yang sudah berumur minimal 2 tahun atau siap kawin.
– Indukan harus sehat baik secara fisik maupun mental dan tidak terkena penyakit
– Dilihat dari bentuknya burung memiliki bulu yang bagus.
– Usahakan untuk memilih indukan yang jinak dan tidak penakut.

Indukan Betina

– Usia indukan kisaran antara 1-2 tahun atau siap produksi telur.
– Indukan wajib sehat atau tidak terserang penyakit dan tidak cacat secara fisik.
– Memiliki bulu yang indak baik dari segi warna maupun kualitas bulunya.
– Yang paling penting pilih indukan yang jinak adan tidak penakut, untuk mempermudah perawatan.

Baca Juga: cara membedakan kacer jantan dan betina saat masih trotol

2. Pembuatan Kandang

Untuk ukuran kandang sebaiknya pilih yang luas dan nyaman tujuannya tidak lain agar si burung cepat berproduksi. Idealnya burung kacer produksi berada dalam kandang ukuran 150cm x 100cm x 180cm biasanya dibuat dari papan kayu yang dipadukan dengan ram kawat pada bagian depan. Sedangkan untuk tempat sarang idealnya berukuran sekitar 20cm persegi.

Posisi sarang sebaiknya diletakan pada bagian sudut atas kandang tujuannya agar indukan betina merasa tenang saat proses pengeraman. Bahan yang digunakan untuk mengisi sarang sebaiknya gunakan sabut kelapa, tangkai daun sengon, ijuk daun cemara dan sebagainya. Semua bahan tadi cukup diletakan pada dasar sangkar dan biarkan indukan betina membuat sarangnya sendiri.

Baca Juga: perawatan harian burung kenari agar rajin bunyi

3. Perjodohan

Ini merupakan proses yang paling penting dalam usaha budidaya burung kacer, soalnya bila proses perjodohan gagal maka anda tidak akan bisa menghasilkan anakan kacer.

Terknik ampuh melakukan perjodohan burung kacer

– Langkah pertama masukan indukan jantan ke sangkar perjodohan.
– Kemudian letakan indukan kedalam sangkar kemudian masukan bersama sangkatnya kedalam sangkar perjodohan.
– Biarkan selama beberapa jam dan lihat reaksi keduan indukan, rukun atau tidak.
– Ketika indukan jantan rajin berkicau sambil mendekati betina dan indukan betina merespon dengan gerakan turun kedasar sangkar, dipastikan kedua indukan berjodoh.
– Jika tidak berjodoh indukan betina akan menghindari indukan jantan.

Baca Juga: cara menjodohkan burung kacer agar cepat jodoh

4. Perawatan Dan Pakan

Soal perawatan anda cukup jaga kebersihan kandang secara rutin dengan cara membersihkannya cukup 2 kali dalam seminggu. Selain itu porsi pakan dan juga pengantian air minum juga harus diperhatikan secara teliti. Selain itu anda juga dituntut untuk menyediakan tempat yang tenang atau jauh dari hewan predator seperti kucing, ular maupun tikus. Untuk masalah pakan anda bisa memberikan voor yang berkualitas ditambah dengan EF berupa jangkrik sebanyak 5-10 ekor perhari.

Baca Juga: cara cepat meningkatkan birahi burung kacer jantan dan betina

5. Pengeraman

Kebanyakan indukan burung kacer betina dapat bertelur hingga 3 butir dan proses pengeramannya berlangsung sekitar 14 hari. Selama proses pengeraman berlangsung, anda dituntut untuk bisa menjada indukan dari gangguan hewan predator seperti tikus, anjing, cecak, semut dan kecoa hingga proses pengeraman selesai.

Baca Juga: cara jitu mengatasi burung kacer yang kanibal

6. Penetasan Telur

Ketika usia pengeraman mencapai 10 hari biasanya sudah ada telur yang mulai retak atau dengan kata lain ada anakan burung kacer yang sudah menetas, jadi lakukanlah pengecekan secara rutin. Bila sudah menetas segera berikan indukan pakan beruap kroto segar dan jangkrik.

Baca Juga: cara mengatasi bulu rontok pada burung kacer

7. Meloloh

Pada masa ini indukan sangat membutuhkan nutrisi yang sangat banyak jadi segera berikan pakan hidup berupa ulat, belalang, kroto dan jangkrik setiap pagi, siang dan sore secara rutin. Anakan burung kacer akan mulai keluar sarang pada usia 3 minggu dan belajar makan sediri pada usia 4 minggu. Pada usia 5 minggu anakan burung kacer sudah bisa makan sendiri.

Baca Juga: cara merawat anakan kacer yang baru menetas

8. Menyapih Anakan Kacer

Penyapihan idelanya dilakukan ketika indukan burung kacer sudah mulai mematuk anakan atau mau bertelur lagi. Bisa juga proses penyapihan dilakukan saat anakan kacer sudah bisa makan secara sendiri. Sebelum proses penyapihan dilakukan sebaiknya ajarkan terlebih dahulu anakan kacer makan voer halus yang dicampur dengan kroto.

Baca Juga: pakan kesukaan burung kacer agar rajin ngobra

9. Memasterkan Kacer Kecil

Untuk masalah pemasteran sebaiknya dilakukan ketika anakan burung kacer sudah mulai makan sendiri. Selain itu proses pemasteran yang dilakukan pada usia dini merupakan investasi yang tepat karena pada usia ini burung lebih mudah menirukan dan merekam suara yang ada disekitarnya.

Baca Juga: cara memasterkan burung kacer bakalan secara efektif

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait Cara Mudah Beternak Burung Kacer Biar Cepat Kawin Dan Bertelur yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para kicau mania.

Info Terkait Cara Mudah Beternak Burung Kacer Biar Cepat Kawin Dan Bertelur

cara beternak kacer untuk pemula, cara menjodohkan kacer, cara ternak kacer biar cepat bertelur, ciri kacer betina siap kawin, kandang ternak kacer minimalis, kandang ternak kacer sederhana, ternak kacer kandang gantung, video ternak kacer, agar kacer cepat kawin, tips kacer cepat kawin, cara ternak kacer biar cepat bertelur, cara agar kacer cepat kawin dan bertelur, cara biar kacer cepat kawin, cara cepat kacer cepet kawin, bahan yang di gunakan untuk mebikin tarangan buat betelur burung kacer, jika kacer betina sudah berumur 5 tahun, obat untuk meransang kacer biar kawin, suara burung kacer meransang biar cpt kawin