Jenis Penyakit Burung Murai Batu Beserta Cara Penanganannya

Tuesday, August 1st 2017. | Penyakit Burung

Untuk kalian yang saat ini merasa membutuhkan informasi mengenai jenis penyakit apa yang sering menyerang burung murai batu, sebaiknya anda baca dulu artikel berikut ini. Aneka Kumpulan Beragam Gambar Serta Panduan Bagaimana Cara Mengobati Atau Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Burung Murai Batu Beserta Cara Penanganannya

Bagi setiap pemilik burung murai tentunya akan merasa sangat bangga bila melihat burung kesayangannya bisa berkicau dengan merdu. Selain terkenal memiliki suara kicau yang merdu burung murai batu juga terkenal memiliki harga yang cukup fantastis dan boleh dibilang bisa mencukupi pundi pundi keuangan keluarga. Maka dari itu belakangan ini banyak sekali orang berbondong bondong belajar beternak burung murai batu.

Lalu bagaimana bila burung kesayangan kita yang tadinya sehat dan suka berkicau tiba tiba mogok bunyi dan jatuh sakit. Tentunya kita sebagai pemilik akan merasa sangat kecewa dan takut bila sang burung tidak bisa kembali kekondisi semula. Karena alasan itulah pada kesempatan kali ini saya mau membagikan beberapa jenis penyakit yang sering menyerang burung murai batu. Untuk penjelasan selengkapnya silahkan anda baca lalu pahami dulu artikel yang ada dibawah sini.

Koleksi Gambar Jenis Penyakit Burung Murai Batu Beserta Cara Penanganannya Terbaru

Lihat Juga: gambar terbaru indukan burung murai batu medan

Tips Bagaimana Cara Mengenali Penyakit Pada Burung Murai Batu Beserta Penanganannya

STOP! Masih ingin lanjut baca artikel Jenis Penyakit Burung Murai Batu Beserta Cara Penanganannya atau sekedar ingin tau Prospek Peluang Usaha Bisnis Budidaya Burung Ini, silahkan diteruskan.

Dibawah sini ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang burung murai batu beserta obar dan solusi perawatannya.

1. Mata Keluar Cairan

Bila burung murai batu anda mengalami masalah seperti keluarnya cairan seperti nanah dan berbau kurang sedap pada bagian mata, maka dipastikan bahwa burung tersebut terkena infeksi. Untuk cara penanganannya anda cukup bersihkan mata dengan menggunakan kapas yang dicelupkan air panas dan bila tidak kunjung sembuh silahkan gunakan obat tetes mata.

Baca Juga: perawatan harian burung murai batu agar rajin gacor

2. Lesu Dan Nafu Makan Berkurang

Burung murai batu yang mengalami tanda seperti ini biasanya sedang mengalami keracunan. Cara mengatasinya, cukup ganti voer atau pakan EF (extra fooding) beserta air minumnya secara rutin dan yang paling penting bersihkan kandang dari kotoran burung supaya terhindar dari yang namanya bakteri.

Baca Juga: jenis pakan yang cocok untuk burung murai batu

3. Suara Serak

Ini merupakan suatu tanda yang menunjukan bahwa ada masalah pada rongga tenggorokan burung murai batu. Tanda lainnya bila burung suka membuka paruhnya bisa dipastikan bahwa burung tersebut mengalami infeksi baik itu dikarenakan oleh bakteri, salah makan atau terlalu lama dijemur.

Cara mengatasi burung murai batu yang mengalami suara serak

– Pastikan pakan yang berikan tidak telalu keras atau berduri
– Hindari waktu penjemuran yang terlalu lama.
– Usahakan untuk selalu menutup kerondong agar suhu dalam sangkar tetap hanga.
– Berikan minuman larutan penyegar.
– Tambahkan cacing kedalam menu pakan harian burung.

Atau bisa juga gunakan ramuan tradisional seperti air perasan lanteng putih dan air rebusan daun sirih. Cara memberikannya anda bisa meminumkannya melalui pipet atau cukup letakan saja pada wadah air minum.

Baca Juga: cara merawat burung murai batu yang macet bunyi

4. Kutu Pada Bulu

Penyakit kutu bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan kebotakan yang cukup parah pada burung murai batu. Untuk solusi mengatasinya anda cukup mandikan burung murai batu dengan menggunakan air beras secara rutin dan teratur.

Baca Juga: cara mengatasi burung murai batu cabuti bulu sendiri

5. Mengalami Pincang

Kondisi pincang pada burung murai batu biasanya sering disebabkan oleh otot kaki yang tertarik, kuku terluka dan telapak kaki burung yang terluka. Untuk cara penyembuhannya anda cukup oleskan minyak tawon pada kaki yang sakit secara teratur dan bila mengalami luka yang mengeluarkan darah sebaiknya gunakan dulu obat merah hingga lukanya kering. Selain itu kondisikan juga lingkungan yang tenang atau bisa juga sebaiknya burung dikerondong.

Baca Juga: cara merawat burung murai batu yang sedang mabung

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait Jenis Penyakit Burung Murai Batu Beserta Cara Penanganannya yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para kicau mania.

Info Terkait Jenis Penyakit Burung Murai Batu Beserta Cara Penanganannya

cara mengatasi murai batu kurang fit, cara mengobati murai batu sakit kaki, ciri2 murai batu sakit, murai batu sakit kesehatan, murai batu sakit nafas, murai sakit berak kapur, obat murai batu lemas, obat murai batu mencret, penyakit yang meyerang muraibatu