Panduan Lengkap Cara Beternak Burung Kenari Khusus Pemula

Saturday, August 12th 2017. | Ternak Kenari

Bagi kalian pemula dalam dunia ternak burung kenari tidak ada salahnya bila kalian membaca dan memahami dulu artikel berikut ini. Koleksi Aneka Gambar Serta Beragam Tips Dan Panduan Lengkap Cara Beternak Burung Kenari Khusus Pemula Beserta Video Dan Harga Terbarunya

Beternak burung kenari sebetulnya perupakan peluang atau lahan usaha yang cukup menjanjikan tapi terkadang tidak banyak orang yang sabar dan tekun dalam menjalani bisnis ini. Burung kenari sebetulnya merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup mudah untuk diternakan. Hanya saja dalam beternak burung ini memang sedikit membutuhkan keuletan dan ketelatenan yang tinggi.

Nah untuk kalian yang saat ini memiliki keinginan membukan usaha beternak burung kenari saya sarankan sebaiknya anda baca dulu artikel mengenai bagaimana cara beternak kenari dengan mudah khusus pemula berikut ini. Tapi ingat bacanya harus dengan teliti dan setelah itu pahami dulu seluk beluknya lalu silahkan anda putuskan mau mulai beternak kenari atau tidak.

Koleksi Gambar Panduan Lengkap Cara Beternak Burung Kenari Khusus Pemula Terbaru

Lihat Juga: cara membedakan kualitas keturunan burung kenari

Tips Bagaimana Cara Beternak Burung Kenari Yang Baik Dan Benar Agar Menghasilkan Anakan Berkualitas Tinggi

STOP! Masih ingin lanjut baca artikel Panduan Lengkap Cara Beternak Burung Kenari Khusus Pemula atau sekedar ingin tau Prospek Peluang Usaha Bisnis Budidaya Burung Ini, silahkan diteruskan.

1. Pilih Indukan Kenari Yang Berkualitas

Untuk masalah indukan sebaiknya pilih yang masih berada dalam usia produktif, sehat dan memiliki suara kicau panjang atau minimal bisa gacor. Indukan kenari jantan idealnnya berusia 8-9 bulan sedangkan untuk indukan kenari betina idealnya usia 6-7 bulan. Bila indukan terlalu tua atau muda biasanya akan menghasilkan anakan yang kurang baik.

Baca Juga: cara mudah membedakan burung kenari jantan dan betina

2. Letakan Sangkar Pada Tempat Yang Ideal

Posisi sangkar idealnya diletakan menempel pada dinding dan jauh dari keramaian serta bebas dari semut atau hewan predator. Hal ini dimaksudkan agar proses kawin, bertelur, mengeram dan meloloh burung kenari tidak terganggu. Dan yang paling penting indukan burung kenari akan terhindari dari stress dan presentasi kelahiran piyik meningkat.

Baca Juga: cara agar indukan burung kenari cepat bertelur

3. Lakukan Sistem Penjodohan

Ini merupakan fase yang paling penting dalam beternak burung kenari, hal ini dikarenakan kualitas piyik atau anakan burung kenari akan sangat ditentukan dari kualitas indukan yang dikawinkan atau dijodohkan. Jadi bersabarlah dalam menjodohkan burung kenari terutama bila kedua indukan kenari belum pernah kawin atau bertelur.

Baca Juga: cara menjodohkan burung kenari agar cepat kawin

4. Awasi Masa Pengeraman Telur

Idealnya indukan burung kenari yang sudah bertelur 1-4 butir akan memasuki masa pengeraman tapi terkadang ada juga yang bisa bertelur sampai 6 butir bila masih dalam masa subur. Masa pengeraman burung kenari membutuhkan waktu sekitar 12-14 hari tergantung pada cuaca dan kondisi lingkungan. Pada masa ini sebaiknya indukan jantan dipisah dari indukan betina dan untuk mempercepat proses pengeraman sebaiknya tambahkan pencahayaan dari bolam pijat 5 watt.

Baca Juga: cara merawat indukan burung kenari saat mengeram

5. Berikan Pakan Yang Berkualitas

Ini merupakan faktor yang paling penting dalam beternak burung kenari. Untuk jenis pakannyan sendiri sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pakan yang diberikan pada burung kenari juara hanya saja takaran dan jenis pakannya yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan si burung baik pada masa perjodohan, bertelur, mengeram dan meloloh anaknya.

Baca Juga: pakan terbaik indukan burung kenari saat meloloh anaknya

Analisa Perhitungan Untung Rugi Beternak Burung Kenari Khusus Untuk Pemula

Investasi

1 sangkar ternak = Rp 40. 000
1 pasang induk siap kawin = Rp 800.000
Total invetasi = Rp 840. 000

Biaya Operasional per Tahun:

Pakan milet selama 1 tahun 6 Kg @ Rp 10. 000 = Rp 60.000/thn
Sawi dan gambas = Rp 30.000/thn
Telur puyuh = Rp 35.000/thn
Total biaya operasional = Rp 125.000/thn

Modal Awal

Total modal yang dikeluarkan = RP 840.000 + Rp 125.000 => Rp 965. 000

Pendapatan per Tahun

1 tahun burung kenari dapat bertelur 6 kali dan sekali bertelur menghasilkan 4 telur.
Harga jual anakan kenari umur 2 bulan @ Rp 140.000

Pendapatan = 6 x 4 x Rp 140.00 = Rp 3.360.000
Keuntungan = Rp 3.360.000 – Rp 965.000 = Rp 2.395.000

Keuntungan per Bulan

Keuntungan per tahun : 12 = Rp 2.395.000 : 12 = Rp. 199.000/indukan

Lama Balik Modal

Total modal : keuntungan bulanan = Rp 965.000 : Rp. 199.000 = 5 bulan

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait Panduan Lengkap Cara Beternak Burung Kenari Khusus Pemula yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para kicau mania.

Info Terkait Panduan Lengkap Cara Beternak Burung Kenari Khusus Pemula

cara beternak kenari af, cara beternak kenari lokal super, cara ternak kenari download, cara ternak kenari sistem koloni, kandang ternak kenari, ternak kenari f1, ternak kenari merah, harga burung labet di pasaran